PENGARUH KUALITAS OBAT TERHADAP NILAI PELANGGAN DAN LOYALITAS PELANGGAN DI APOTEK DELA SEMARANG
Abstract
Penelitian pengaruh kualitas obat terhadap nilai pelanggan dan loyalitas pelanggan di
apotek Dela Semarang bertujuan untuk : (1) menganalisis pengaruh kualitas obat terhadap
nilai pelanggan, (2) menganalisis pengaruh kualitas obat terhadap loyalitas pelanggan, dan (3)
menganalisis pengaruh nilai pelanggan terhadap loyalitas pelanggan.
Pengumpulan data penelitian ini menggunakan metode penyebaran kuesioner sebanyak
120 responden yang membeli obat di apotek Dela Semarang lebih dari 2 (dua) kali. Analisis
data menggunakan statistika dengan bantuan program software IBM SPSS 19.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) kualitas obat berpengaruh positif dan
signifikan terhadap nilai pelanggan, dimana kualitas obat yang meningkat maka nilai
pelanggan juga meningkat, (2) kualitas obat berpengaruh positif dan signifikan terhadap
loyalitas pelanggan, dimana kualitas obat yang meningkat maka loyalitas pelanggan juga
meningkat, dan (3) nilai pelanggan berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas
pelanggan, dimana nilai pelanggan yang meningkat maka loyalitas pelanggan juga meningkat.
References
Afshar, A. J., Mohammad A.H.G, Seyed
A.M., Khaled N., and Seyed M.S.K.
Study the Effects of Customer
Service and Product Quality on
Customer Satisfaction and Loyalty
(automotive industries). Journal of
Humanities and Social Science. Vol.1
No.7.
Caruana, A. 2002. Service Loyalty: The
Effects of Service Quality and The
Mediating Role of Customer
Satisfaction. European Journal of
Marketing. 36. pp.811-828.
Ghozali, I. 2011. Aplikasi Analisis
Multivariate dengan Program IBM
SPSS 19. Edisi 5. Semarang: Badan
Penerbit Universitas Diponegoro.
Harianto, Nana K., dan Sudibyo S.. 2005.
Kepuasan Pasien terhadap Pelayanan
Resep di Apotek Kopkar Rumah
Sakit Budhi Asih Jakarta. Majalah
Ilmu Kefarmasian. Vol. II. No.1.
Hidayat, R. 2009. Pengaruh Kualitas
Layanan, Kualitas Produk dan Nilai
Nasabah terhadap Kepuasan dan
Loyalitas Nasabah Bank Mandiri.
Jurnal Manajemen dan
Kewirausahaan. Vol. 11. No. 1.
Teknik Industri. Madura: Universitas
Trunojoyo.
Ishak, A. dan Zhafiri L. 2011. Pengaruh
Kepuasan dan Kepercayaan
Konsumen terhadap Loyalitas:Studi
tentang Peran Mediasi Switching
Costs. Jurnal Siasat Bisnis. Fakultas
Ekonomi. Yogyakarta:Universitas
Islam Indonesia.
Kotler, P. and Kevin L. K. 2013.
Marketing Management. Fourteenth
edition. England: Pearson Education
Limited.
Siregar, S.P. 2004. Analisis Kepuasan Para
Anggota terhadap Program Loyalitas
Astraworld. Tesis. Fakultas Ekonomi
Universitas Indonesia.
Peraturan Menteri Kesehatan RI nomor 9
tahun 2017 tentang Apotek.
Keputusan Menteri Kesehatan RI nomor
/Menkes/SK/X/2002 tentang
Ketentuan dan Tata Cara Pemberian
Ijin Apotek.