PENGARUH KUALITAS OBAT TERHADAP NILAI PELANGGAN DAN LOYALITAS PELANGGAN DI APOTEK DELA SEMARANG

  • Siti Munisih
  • Djamaludin Malik
Keywords: kualitas obat, nilai pelanggan, loyalitas pelanggan

Abstract

Penelitian pengaruh kualitas obat terhadap nilai pelanggan dan loyalitas pelanggan di
apotek Dela Semarang bertujuan untuk : (1) menganalisis pengaruh kualitas obat terhadap
nilai pelanggan, (2) menganalisis pengaruh kualitas obat terhadap loyalitas pelanggan, dan (3)
menganalisis pengaruh nilai pelanggan terhadap loyalitas pelanggan.
Pengumpulan data penelitian ini menggunakan metode penyebaran kuesioner sebanyak
120 responden yang membeli obat di apotek Dela Semarang lebih dari 2 (dua) kali. Analisis
data menggunakan statistika dengan bantuan program software IBM SPSS 19.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) kualitas obat berpengaruh positif dan
signifikan terhadap nilai pelanggan, dimana kualitas obat yang meningkat maka nilai
pelanggan juga meningkat, (2) kualitas obat berpengaruh positif dan signifikan terhadap
loyalitas pelanggan, dimana kualitas obat yang meningkat maka loyalitas pelanggan juga
meningkat, dan (3) nilai pelanggan berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas
pelanggan, dimana nilai pelanggan yang meningkat maka loyalitas pelanggan juga meningkat.

References

Afshar, A. J., Mohammad A.H.G, Seyed

A.M., Khaled N., and Seyed M.S.K.

Study the Effects of Customer

Service and Product Quality on

Customer Satisfaction and Loyalty

(automotive industries). Journal of

Humanities and Social Science. Vol.1

No.7.

Caruana, A. 2002. Service Loyalty: The

Effects of Service Quality and The

Mediating Role of Customer

Satisfaction. European Journal of

Marketing. 36. pp.811-828.

Ghozali, I. 2011. Aplikasi Analisis

Multivariate dengan Program IBM

SPSS 19. Edisi 5. Semarang: Badan

Penerbit Universitas Diponegoro.

Harianto, Nana K., dan Sudibyo S.. 2005.

Kepuasan Pasien terhadap Pelayanan

Resep di Apotek Kopkar Rumah

Sakit Budhi Asih Jakarta. Majalah

Ilmu Kefarmasian. Vol. II. No.1.

Hidayat, R. 2009. Pengaruh Kualitas

Layanan, Kualitas Produk dan Nilai

Nasabah terhadap Kepuasan dan

Loyalitas Nasabah Bank Mandiri.

Jurnal Manajemen dan

Kewirausahaan. Vol. 11. No. 1.

Teknik Industri. Madura: Universitas

Trunojoyo.

Ishak, A. dan Zhafiri L. 2011. Pengaruh

Kepuasan dan Kepercayaan

Konsumen terhadap Loyalitas:Studi

tentang Peran Mediasi Switching

Costs. Jurnal Siasat Bisnis. Fakultas

Ekonomi. Yogyakarta:Universitas

Islam Indonesia.

Kotler, P. and Kevin L. K. 2013.

Marketing Management. Fourteenth

edition. England: Pearson Education

Limited.

Siregar, S.P. 2004. Analisis Kepuasan Para

Anggota terhadap Program Loyalitas

Astraworld. Tesis. Fakultas Ekonomi

Universitas Indonesia.

Peraturan Menteri Kesehatan RI nomor 9

tahun 2017 tentang Apotek.

Keputusan Menteri Kesehatan RI nomor

/Menkes/SK/X/2002 tentang

Ketentuan dan Tata Cara Pemberian

Ijin Apotek.

Published
2019-10-01
How to Cite
Munisih, S., & Malik, D. (2019). PENGARUH KUALITAS OBAT TERHADAP NILAI PELANGGAN DAN LOYALITAS PELANGGAN DI APOTEK DELA SEMARANG. Media Farmasi Indonesia, 14(2), 1507-1516. Retrieved from https://mfi.stifar.ac.id/MFI/article/view/128