Tingkat Kepuasan Pasien Terhadap Pelayanan Kefarmasian Beberapa Apotek di Samarinda

  • Bestari Yunita Universitas Duta Bangsa
  • Desy Imtinan Ma’aly Universitas Duta Bangsa
  • Djaya Saputra Pakiding Universitas Duta Bangsa
  • Yoanda Aprilia Utama Universitas Duta Bangsa
  • Tatiana Siska Wardani Universitas Duta Bangsa
  • Aris Prio Agus Santoso Universitas Duta Bangsa
Keywords: apotek, pelayanan kefarmasian, tingkat kepuasan pasien

Abstract

Kepuasan pasien merupakan suatu hal yang abstrak dan hasilnya sangat bervariasi karena pada dasarnya sangat tergantung kepada masing-masing persepsi individu. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kepuasan pasien terhadap pelayanan kefarmasian yang diberikan pada beberapa apotek di Samarinda. Penelitian ini dianalisis secara deskriptif yaitu berdasarkan skala likert. Dengan mengukur indikator pertanyaan responsiveness, reliability, assurance, empathy, dan tangible. Pengumpulan data dilakukan melalui survei langsung terhadap pasien dengan memberikan kuisioner kepada responden. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 40 responden. Hasil penelitian menunjukan  presentase sebesar 94,04% pada dimensi dengan klasifikasi sangat puas, dimensi ketanggapan sebesar 92,5% dengan klasifikasi sangat puas, dimensi keyakinan sebesar 95,9% dengan klasifikasi sangat puas, dimensi empati sebesar 95% dengan klasifikasi sangat puas, dimensi penampilan sebesar 93,12% dengan klasifikasi sangat puas. Penelitian ini menunjukan bahwa pengunjung di beberapa apotek samarinda merasa puas terhadap pelayanan kefarmasian yang diberikan.

 

References

Permenkes, R. I. 2014. Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 75 tahun 2014, tentang Pusat Kesehatan Masyarakat. Jakarta: Menteri Kesehatan Republik Indonesia, 3-23.

Permenkes,R. I. 2016. Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor72 Tahun 2016 Tentang standar Pelayanan kefarmasian di Rumah sakit.Jakarta: Kementrian Kesehatan Republik Indonesia.

Pohan, I. 2006. Jaminan Mutu Layanan Kesehatan Dasar-dasar Pengertian dan Penerapan. Jakarta: EGC.

Sulistyorini, E. 2009. Tingkat Kepuasan Pasien Terhadap Pelayanan Kefarmasian di Puskesmas Kedung Kandang Kota Malang. Karya Tulis Ilmiah, Akademi Farmasi Putra Indonesia Malang’, Malang.

Supranto, J. 2011. Pengukuran Tingkat Kepuasan Pelanggan untuk Menaikkan Pangsa Pasar (Cetakan Keempat). Jakarta: PT. Rineka Cipta. Yuniar, Y., & Handayani, R. S. (2016).

Kepuasan Pasien Peserta Program Jaminan Kesehatan Nasional terhadap Pelayanan Kefarmasian di Apotek. Jurnal Kefarmasian Indonesia, 39-48.

Published
2022-04-19
How to Cite
Yunita, B., Imtinan Ma’aly, D., Saputra Pakiding, D., Aprilia Utama, Y., Siska Wardani, T., & Prio Agus Santoso, A. (2022). Tingkat Kepuasan Pasien Terhadap Pelayanan Kefarmasian Beberapa Apotek di Samarinda. Media Farmasi Indonesia, 17(1), 19-24. https://doi.org/10.53359/mfi.v17i1.193