PEMBUATAN TABLET HISAP DARI EKSTRAK ETANOL ALFAFA (Medicago sativa) TROPIK SEBAGAI ANALGETIK ANTIPIRETIK

  • Uning Riningsih
  • A.A. Hesti Wulan S.
  • Ika Puspitaningrum
Keywords: alfafa, tablet hisap, ekstrak etanol, sifat pisis tablet

Abstract

ABSTRAK

 

Alfafa (Medicago sativa) merupakan tanaman yang secara empiris dapat digunakan untuk menghilangkan rasa nyeri. Ekstrak etanol alfafa telah terbukti secara ilmiah sebagai analgetik dan antipiretik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui karakteristik fisik sediaan tablet hisap ekstrak etanol alfafa. Tablet hisap tersebut dibuat sesuai dengan dosis efektif dari hasil penelitian analgetik antipiretik yang sudah dilakukan yakni sebesar 50 mg/kgBB tikus atau setara 500 mg/70 kg BB manusia.

Pembuatan tablet hisap diawali dengan mengeringkan ekstrak etanol alfafa dengan laktosa, dekstrosa, dan talcum hingga homogen. Masa granul dibuat dengan mengunakan PVP k 30 lalu diayak dengan ayakan nomer mesh 18 dan 20. Granul yang lolos ayakan 18 dikeringkan dalam almari pengering selama 10 menit. Tablet dicetak dengan penambahan Mg stearat dan mentol dengan bobot rata-rata tablet 650 mg. Granul yang terbentuk diuji waktu alir, sudut diam dan pengetapan. Sedangkan tablet hisap yang diperoleh diuji sifat fisik tablet meliputi uji keseragaam bobot, kekerasan, keregasan, uji waktu hancur, dan uji tanggapan rasa.

Hasil uji granul menunjukkan formula tablet hisap ekstrak etanol alfafa belum mampu memenuhi syarat waktu alir dan sudut diam, namun telah memenuhi syarat pengetapan. Sedangkan uji tablet hisap menunjukkan formula tablet hisap ekstrak etanol alfafa mampu memenuhi syarat keseragaman bobot, keregasan, dan waktu hancur, namun belum memenuhi syarat kekerasan. Hasil uji tanggap rasa tablet hisap ekstrak etanol alfafa oleh responden menunjukkan tablet hisap yang dihasilkan memiliki bentuk yang menyenangkan dan aroma yang enak, namun rasa kurang enak karena pahit yang disebabkan oleh kandungan saponin dan alkaloid.

Published
2015-03-01